Tatung Singkawang Raih Real Wow 2013‏

Seni Tatung Kota Singkawang Raih Real Wow 2013‏

 Seni Tatung Cap Go Meh dari Kota Singkawang, Kalimantan Barat mendapatkan penghargaan The Real Wonder of The World (Real Wow) 2013,penghargaan ini diraih bersama tiga kota lainya di Indonesia. Di negeri asalnya sendiri, Republik Rakyat China (RRC), seni Tatung sudah tidak ada lagi alias punah. "Di tempat asalnya (RRC), sudah tidak ada lagi. Hanya ada di Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia. Ini sangat unik," ujar Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sapta Nirwandar di Malam Apresiasi Wonderful Indonesia, (12/12).
Cap Go Meh merupakan perayaan hari ke-15 dalam perhitungan Tahun Baru China. Perayaan ini dirayakan oleh etnis Tionghoa di Indonesia, seperti Surabaya, Bangka Belitung, Medan, Manado, Jakarta dan sejumlah kota/kabupaten di Kalimantan Barat. Kota Singkawang merayakan Cap Go Meh dengan unik dan meriah. Pada puncak perayaan dimeriahkan dengan festival lentera/lampion dan kesenian kuno Tatung, dengan tujuan mengusir kemalangan di sisa tahun yang akan dilewati oleh masyarakat etnis Tionghoa.
Selama Ritual Tatung, peserta yang dirasuki Dewa-Dewa China mampu bertindak di luar batas kewajaran, seperti menginjak pedang dan menusukan kawat baja serta paku ke pipi. Anehnya, peserta tidak terluka sama sekali dan malah kembali melakukan hal tersebut. "Cap Go Meh di Kalimantan Barat sangat unik, tidak ada duannya di tempat lain. Very unique dan wonderful," tukas Sapta kepada wartawan. Selain Seni Tatung Cap Go Meh Kota Singkawang, ada tiga kota lainnya yang mendapatkan penghargaan serupa. Antara lain Kota Tua Jakarta, Kota Melaka Malaysia dan Alat Musik Sasando dari Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur (NTT).
Pertunjukan seni Tatung di Singkawang selalu ramai pengunjung dari tahun ke tahun. Banyak pelancong dari dalam dan luar negeri berdatangan untuk menyaksikan acara ini. Yang hadir tidak hanya rakyat, tapi beberapa pejabat juga hadir, seperti duta besar negara sahabat, para menteri, dan lain-lain. Makanya, hotel-hotel di kota singkawang selalu penuh akan penuh.
Sumber:
Majalah Gatra: Senin, 16 Desember 2013
Tatung Singkawang

Related

Singkawang 872760655927695747

Posting Komentar

emo-but-icon

Hot in week

Recent

Comments

Text Widget

Connect Us

item